Macet. Salah siapa?

0

Muak sama keadaan di Jakarta gw, macet tiap pagi dan sore gak tau gitu yang dimacetin apa, KATANYA (pemerintah) Jakarta itu jalannya kebanyakan perempatan, makanya macet. Nah udah tau banyak perempatan trus kenapa masih banyak pake kendaraan pribadi? Truuuuss!! ngomongin tentang perempatan, lu kata di Jepang, pusatnya di Tokyo gak banyak perempatan.. udah perempatan blok2 lagi, trus perumahan, toko dimana-mana di pinggiran jalan.. lah gak macet tuh, malah orangnya yang bikin macet bukan kendaraannya. TRUS YANG SALAH SIAPA !! PEMERINTAH? atau RAKYATNYA !!

Kalo gw jawab pribadi, yang salah itu dua-duanya. WHY !!!
Salah pemerintah dimananya?? Kenapa pemerintah masok mobil banyak ke Indonesia, mulai dari Jepang, Korea, Inggris luar negeri lainnya SAMPAI di Indonesia-pun ada pabrik perakitan mobil, perhari bisa bikin berapa ratus mobil. Dari luar negeri, Indonesia bisa masok mobil berapa ratusan mobil ke Indonesia ya tentunya dengan pajak yang murah, makanya mobil banyak berdatangan di Indonesia. Trus pemerintah juga salah, kenapa bikin SIM itu dipermudah? Bahkan sampai ada “mainannya” ya lu tau itu apa yang namananya MAINAN, yaitu SIMULATOR !!!

Seharusnya gak usah pakai SIMULATOR-SIMULATORAN, di Jepang itu buat dapetin SIM harus pakai persetujuan rental mobil, dan belajar di rental mobil di Jepang itu mahalnya bukan main kalau di kursin ke rupiah itu mungkin bisa beli harga mobil murah di Indonesia (lu tau lah mobil yang murah di Indonesia itu apaan). Nah sehabis dari rental itu, nanti si calon pengendara akan dapat sertifikat bahwa dia sudah tes dan lulus dalam mengendarai mobil. Oh iya di rental mobil di Jepang itu dapetin sertifikatnya gak gampang, gak bisa sekali duakali coba, bisa 5-10 kali, bahkan ada yang 20 kali !!.

Nah kalau Masyarakat salahnya dimana?? Udah tau keadaan di Jakarta macet pakai beli Mobil lagi, lagi dan lagi emang gak cukup 1 keluarga 1 mobil? kenapa harus banyak ?? buat Bokap, Nyokap, Kakak, Adek trus mentang-mentang duit banyak bisa beli mobil seenaknya aja.. pikirin jakarta udah sempit.. kalau mau beli mobil banyak, lu pindah sana ke desa. Giliran udah macet lu pada nyalahin pemerintah “gimana sih nih pemerintah, bisa kerja gak sih kenapa bisa macet blablbalbalbalbalba…” lah salah lu sendiri keluar pake mobil, emang gak bisa pake kendaraan umum kaya Transjakarta tuh, Taxi..

Kalau gw sih lebih prefer pake Motor ya, lebih baik banyak motor daripada banyak mobil. Kenapa gw ngomong gitu, Pak Jokowi (saat jadi Gubernur) bikin peraturan di jalan protokol motor gak boleh lewat, okey diterima sampai ada yang nyolong2 trus ketilang karena ada yang mau kearah Kota biar cepet makanya lewat jalan Protokol. Tapi nyatanya, mana? tetep macet kan? coba sekarang dibalik, Mobil gak boleh lewat jalan protokol, kaya Car Free Day, macet gak? coba itu diterapin.

So gw himbau ke lu semua atau lu yang baca ini, stop beli mobil banyak cukup 1 MOBIL 1 KELUARGA, kalau mau beli mobil banyak oke fine itu hak lu tapi gw saranin mobil lu banyak jangan dibawa keluar semua, pajang aja dirumah dan bawa 1 keluar. SUMPEK BRO/SIS SUMPEK !! JAKARTA UDAH SUMPEK !! Belum lagi kendaraan umum angkot, kopaja pada ngetem NAH tambah lagi dah macetnya!

Okey, kalau lu gak setuju sama celotehan gw diatas, komentar aja di bawah tuh gw terima komentarnya dan kalau gw salah dalam celotehan gw ini, okey gw minta maaf, tapi kita liat kedepannya Jakarta gimana, makin SUMPEK atau ya nyaman?

About Author

M untuk Mini dan W untuk Wumbo

Leave A Reply